Cara Mudah Membuat Link Download Keren di Blog

Sobat-sobat tentunya pernah mendownload file seperti film atau lagu di internet bukan? Nah, pada postingan kali ini, Nay mau membagai runtutan tata cara membuat link download di blog.

Link download digunakan untuk membagiakan sebuah file. File tersebut tersimpan di penyimpanan online. Jadi kalau filenya masih di komputer sobat-sobat, tandanya belum bisa dibagikan. Lantas bagaimana? Simak uraian dari Nahayuka.


Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat link download tentusaja harus punya blog. 
Yang kedua, Punya file yang akan di bagikan dan telah di simpan di tempat penyimpanan online.

Tempat penyimpanan online ada banyak sekali nih sobat. Ada tempat penyimpanan yang akan membayar sobat jika ada orang yang mendownload dari situ, seperti; Ziddu, 4share, usercloud, thusfile, dan lain-lain. Tempat penyimpanan seperti ini tentusaja akan ada iklan dari sananya.

Ada juga tempat online yang tak akan membayar sobat walau yang mendownload file dari sana banyak sekali seperti; Dropbox, Google Drive, Mega, Dan lain-lain. tepat ini tentunya bebas dari iklan.

File yang di simpan di tempat online seperti itu tentu saja memiliki menu "Berbagi". Jika menu tersebut di klik, akan muncul URL File. Orang yang meliki URL File tersebut dapat mendownload filnya. Sebagai contoh, baca Cara membagikan file Dropbox.

Setelah mendapat URL File yang akan di bagikan, sekarang saatnya memasang file tersebut di blog.

Berikut tata cara memasang URL File yang akan di bagikan lewat blog. di sini, Nahayuka menggunakan Blogger. Tata caranya tak jauh beda dengan wordpress dan lain-lainnya.

1. Membuat link download dengan teks.

Dari Laman postingan, ikon Link yang ada di bawah baris judul


Lalu akan muncul kotak seperti ini;



Penjelasan:
1.) Teks yang akan di tampilkan di blog
2.) URL tujuan, isi dengan alaman URL File yang akan di bagikan
3.) Pastikan pilih Web addres
4.) Centang jika ingin pengunjung membuka tab baru saja
5.) Klik Ok jika sudah selesa.

Maka, Hasilnya akan seperti ini;


2. Membuat Link Download Dengan Gambar.

Pertama masuk ke laman postingan
Kedua cari gambar download yang akan digunakan. Sebagai contoh, Nahayuka akan menggunakan gambar seperti ini;

Gambar download seperti di atas banyak tersedia di internet (Tanya paman Google)

Lalu klik gambar dan langsung di lanjutkan dengan mengklik ikon link.


Akan muncul kotak seperti ini;


Penjelasannya sama dengan di atas. Bedanya, Biarkan nomor satu kosong. Lalu klik ok.

Hasilnya sepert ini; (Silahkan coba di klik)


Hal Terakhir yang perlu di lakukan tentu saja memosting tulisan yang telas di buat. Selamat mencoba.

Oh ya, Sobat tentu saja pernah menjumpai blog yang jika pengunjung mengklik link download langsung bisa download filenya tanpa harus mengunjungi situs penyimpanannya terlebih dahulu.

Untuk membuat link download seperti itu, Sobat harus menyimpan filenya di Google Drive. Lalu URL file yang akan di bagikan di Direct dahulu menggnakan Google Drive Direct Link Generator. Selanjutnya sobat akan mendapat URL File Cepat Download. Gunakan cara diatas untuk meletakkan URL ini ke dalam blog. (Klik saja link Google Drive Direct Link Generator di atas. Di sana ada tata cara membagikan file lewat Google Drive)

Saran Penting!
1. Jika sobat menempatkan iklan yang tampilannya hanya tombol download di dalam postingan (Kalau sobat berkunjung ke blog download pasti banyak menemukan iklan macam itu) Lebih baik menggunakan Link Download Teks (Versi 1) Agar pengunjung blog tak kebingungan.

2. Jika sobat menggunakan tempat penyimpanan online seperti Dropbox dan Google Drive yang tidak ada perhitungan (Statistik) jumlah pendownloadnya, Nahayuka sarankan untuk memperpendek URL File yang akan di gunakan terlebih dahulu. 

3. File yang telah di percepat proses downloadnya menggunakan  Google Drive Direct Link Generator juga bisa di perpendek URLnya menggunakan adf.ly dan shorte.st. Berikut contoh file dari  Google Drive Direct Link Generator yang telah di perpendek URLnya: Klik di sini

Beberapa pemendek URL yang Umum adalah Adf.ly dan Shorte.st. Berikut tampilan saat akan mendownloadnya.

Adf.ly


Shorte.st



Ada dua keuntungan jika sobat menggunakan URL pemendek. 
1. Dapat melihat statistik pendownload file
2. Mendapat bayaran tiap ada pengunjung yang mengklik "SKIP AD" (Tau kan kalau tempat penyimpanan dropbox dan google Drive tak memberi bayaran?)

Untuk bisa melihat statistik dan mendapat Dollar, Tentu saja sobat harus punya akun (mendaftar) di sana terlebih dahulu.

Untuk mendaftar mudah, tinggal mengisi biodata saja. Langsung daftar ke website resmi;

Adf.ly : DI SINI

Shorte.st : DI SINI

Baca : Tutorial cara Cara Daftar Adf.ly dan Cara daftra Shorte.st

Jika sobat masih bingung tentang dua pemendek URL di atas, Baca Kelebihan Kekurangan Adf.ly dan Shorte.st.

Sekian dan semoga bermanfaat.

_Nahayuka_
Cara Mudah Membuat Link Download Keren di Blog Cara Mudah Membuat Link Download Keren di Blog Reviewed by Nahayuka aa on 00:32:00 Rating: 5

No comments

Image Link [https://scontent-sin6-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/13407101_481514188714152_8740263725101413969_n.jpg?oh=9f049cfcae042701578fc7ea5bc35e58&oe=594BEBB2] Author Name [Nahayuka] Author Description [Penyuka dunia Blogging] Facebook Username [nahayuk.kresnawati] Twitter Username [@nahayuk31] GPlus Username [You username Here] Pinterest Username [You username Here] Instagram Username [nahayuka]